Sampah Pemuda


Hari ini ternyata 28 Oktober. Hari peringatan sumpah pemuda 1928.

Waktu saya SD suka keluar menjadi salah satu soal ujian. Kalau tidak tanggalnya, bisa juga tentang isinya. Saat SD sudah hafal sumpah pemuda. Padahal kalau SD masih anak-anak. Kalau pemuda masih SD, itu berarti dia tinggal kelas sebanyak 6 kali minimal. Kelas 6 sudah 18 tahun.

Tapi kali ini saya tak membahas masalah sumpah pemuda yang sudah kita ketahui bersama itu. Sudah banyak yang membahasnya dari berbagai sisi dan berbagai perenungan.

Kali ini saya akan mengangkat tema “sampah pemuda”.

Ini bukan seperti sampah masyarakat. Bukan orang-orang yang sudah di-blacklist dari pergaulan sosial. Bukan orang-orang yang melakukan tindakan kriminal atau pengganggu keamanan lingkungan. Bukan mengenai korban narkoba, kenakalan remaja maupun seks bebas. Bukan pula mengenai pemuda-pemudi yang sudah cemerlang dalam hal korupsi-nya. Yang menciptakan berbagai istilah sandi perkorupsian. Bukan.

Ini hanya masalah kecil saja mengenai kebiasaan pemuda, yang beberapa kali saya lihat. Baik pemuda yang sedan kumpul-kumpul, pemuda yang sedang naik bus antar kota antar propinsi, pemuda yang sedang menunggu kendaraan.

Para pemuda (mungkin bersama pemudi) sering membuang sampah sembarangan. Botol dan wadah minuman kemasan, puntung rokok, bungkus nasi sering dibuang sembarangan oleh pemuda. Di jalan, di lantai bus, dan dimana saja.

Bagaimana, kalau momen peringatan sumpah pemuda ini kita mulai dengan yang ringan saja. Ayo pemuda-pemudi Indonesia, buanglah sampah pada tempatnya. Agar lingkungan dimana kita berada menjadi terawat kebersihannya.

Ditulis oleh : Hts S

Sumber : http://green.kompasiana.com/polusi/2013/10/28/sampah-pemuda-605582.html

One thought on “Sampah Pemuda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s