Pemerintah didesak perketat pengawasan impor limbah


Padang (ANTARA News) – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Barat menilai perlu diperketat pengawasan impor limbah Bahan Beracun Berbahaya (B3) masuk ke Indonesia, guna menghindari dampak buruk dalam jangka panjang terhadap masyarakat.

“Pengetatan pengawasan perlu dilakukan petugas kepabeanan di pelabuhan, mulai dari dokumen dan fisik barang impor tersebut,” kata Ketua YLKI Sumbar Dahnil Aswad di Padang, Jumat.

Menurut dia, tanpa ada upaya tegas dalam pengawasan, maka Indonesia akan dinilai negara lain sebagai penampung limbah-limbah industri.

Kondisi itu, tentu tidak bisa diterima karena Indonesia bukanlah negara penampung limbah dan produk-produk sisa industri dari negara lain.

“Makanya menghindari penilaian negatif dari berbagai negara, pemerintah negeri ini harus punya komitmen yang jelas. Apakah tetap dibolehkan dengan pengawasan ketat atau dilarang total impornya,” ujarnya.

Jadi, tambahnya, petugas Bea dan Cukai dan petugas polisi air harus berani menindak pengimpor yang masih tetap memasukkan limbah B3 ke Indonesia.
(KR-SA)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s