Lindungi Hutan, Unhas Lakukan Air Seeding


Sumber : Okezone.com
MAKASSAR – Salah satu wujud kepedulian Universitas Hasanuddin (Unhas) terhadap isu lingkungan tidak hanya berupa omongan belaka. Unhas melakukan airseeding (tebar bibit melalui udara) di Palangkaraya.

Wakil Rektor IV Unhas Dwia Aries Tina Pulubuhu mengatakan, pesawat yang digunakan untuk melakukan air seeding sebelumnya telah dirancang khusus oleh perusahaan Hutan Amanah Lestari.

“Total area yang berhasil ditaburi bibit yakni seluas 280 hektare (ha), yang selanjutnya akan ditaburkan ke 1.600 ha di Palangkaraya,” ujar Dwia, seperti dikutip laman Unhas, Kamis (22/9/2011).

Adapun bibit yang disebar yakni Belangiran, Chorea, Gerunggang, Rotundas, Cratoxylon, dan Bungur. Bibit tersebut disebar dengan tujuan penghijauan kota Palangkaraya yang terdiri atas hutan gambut dengan jenis bibit endemik.

“Helikopter terbang pada ketinggian antara 30-40 meter dari permukaan tanah pada saat hendak melepaskan bibit yang sudah dimaksukkan ke dalam bola yang terbalut tanah khusus untuk ditebar di areal lahan gambut. Bola yang di dalamnya berisi bibit terbuat dari tanah yang ketika terkena air akan hancur dengan sendirinya, sehingga yang tinggal hanya bibit tanaman endemik,” paparnya.

Dwia menjelaskan, bibit juga ada yang dibungkus dengan kertas minyak, sehingga mudah hancur setelah samapai tanah. “Setiap 30 menit, helikopter mengambil bibit lagi yang ditabur dengan metode yang sama,” lanjutnya.

Pada kegiatan penaburan tersebut, turut hadir mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, Wakil Gubernur Ahmad Diran, Rektor Unhas Idrus A Paturusi, dan Dekan Fakultas Kehutanan M Restu.(rhs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s