ASEAN Harus Ciptakan Keadilan Ekologis


Jakarta (ANTARA News) – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) mengharapkan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-8 di Jakarta mendorng ASEAN menciptakan keadilan ekologis.

“Walhi menyambut hangat KTT ASEAN ke-18 karena dinilai kerjasama ASEAN telah memberi pengaruh bagi berbagai kemajuan di negara-negara anggotanya,” kata Wakil Ketua Departemen Advokasi Walhi Eksekutif Nasional Oslan Purba melalui rilis persnya di Jakarta, Jumat.

Dia mengharapkan para pemimpin ASEAN mampu melahirkan resolusi perbaikan kualitas lingkungan hidup di kawasan.

Walhi juga mendesak ASEAN mengedepankan aspek-aspek yang memperkuat posisi masyarakat, memberikan keadilan akses dan kontrol rakyat terhadap sumberdaya serta memastikan investasi di berbagai sektor di kawasan ASEAN tidak membuat hancurnya ekologi.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagai Ketua ASEAN 2011, Indonesia bertanggung jawab menjadikan ASEAN sebagai kekuatan pendorng yang jujur dan memusatkan kerjasama kepada kepentingan warga negara ASEAN.

Indonesia harus menunjukkan, ASEAN mampu melakukan kerja sama yang bukan saja berguna bagi rakyat ASEAN semata, melainkan juga bagi semua warga negara Asia-Pasifik.

Pemerintah Indonesia juga diminta mengkonsolidasikan upaya-upaya menghentikan praktik pembalakan liar yang melibatkan negara-negara ASEAN.

Walhi juga menilai ekspor pasir ke Singapura sangat merugikan Indonesia, beberapa pulau terluar menghilang akibat pasirnya dijual ke Singapura, semenyatab banyak wilayah rusak ekosistemnya.(*)

D016/S019. sumber: http://www.antaranews.com

Editor: Jafar M Sidik 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s