Peringatan Hari Bumi 22 April 2011 Kabupaten Sukabumi


Hari bumi 22 April tahun 2011 Kabupaten Sukabumi diperingati tahun ini pada tanggal 19 April 2011 hari Selasa dengan meriah di Pantai Citepus dengan dihadiri oleh Bupati Sukabumi, Muspida, Perwakilan dari OPD, masyarakat wakil perusahaan dan anak-anak sekolah. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Lingkungan disponsori oleh POCARI SWEAT PT. Amerta Indah Otsuka ditandai dengan pemasangan/penyerahan 250 set tong sampah pemilahan sampah organik dan anornik/sampah dilanjutkan dengan pembersihan sampah di pantai.

Sambutan Bupati dan Foto-foto event tersebut:

YTH.    KAPOLRES SUKABUMI

YTH.    DANDIM 0607 SUKABUMI

YTH.   KEPALA SKPD LINGKUP PEMERINTAH KAB. SUKABUMI

YTH.   KETUA MUI KABUPATEN SUKABUMI

YTH.   MUSPIKA KECAMATAN PALABUHANRATU

YTH.   PRESIDEN DIREKTUR  PT. AMERTA INDAH OTSUKA

YTH.   PARA PIMPINAN PERUSAHAAN

YTH. TOKOH MASYARAKAT, TOKOH ULAMA, LSM,  DAN PARA UNDANGAN LAINNYA.

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.

PUJI  DAN SYUKUR MARILAH KITA PANJATKAN KE HADIRAT ALLAH SWT, KARENA ATAS RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, SEHINGGA PADA HARI INI KITA MASIH DIBERI KESEMPATAN UNTUK MENGADAKAN SILATURAHIM DALAM RANGKA PERINGATAN HARI  BUMI TINGKAT KABUPATEN SUKABUMI TAHUN 2011 YANG BERTEMPAT DI DESA CITEPUS KECAMATAN PALABUHANRATU KABUPATEN SUKABUMI.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

KEGIATAN PEMBANGUNAN YANG KITA LAKSANAKAN MEMBUTUHKAN SUMBER DAYA ALAM YANG SEMAKIN MENINGKAT, SEMENTARA KETERSEDIAAN SUMBER DAYA ALAM SECARA KUALITAS MAUPUN KUANTITAS TERBATAS DAN TIDAK MERATA.  PADA SAAT INI KABUPATEN SUKABUMI MEMPUNYAI   JUMLAH PENDUDUK MENCAPAI 2.328.804 JIWA DAN TERDAPAT 193   PERUSAHAAN  BERSKALA BESAR (PMA DAN PMDN) DAN 1.097 PERUSAHAAN YANG BERSKALA KECIL. HAL INI DISAMPING MEMBERIKAN KONTRIBUSI TERHADAP PAD DAN PENINGKATAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) JUGA AKAN MENGAKIBATKAN PENINGKATAN TERHADAP RESIKO TERJADINYA PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN, SEHINGGA DAYA DUKUNG, DAYA TAMPUNG DAN PRODUKTIVITAS LINGKUNGAN HIDUP MENURUN YANG PADA AKHIRNYA DAPAT MENJADI BEBAN SOSIAL.

OLEH KARENA ITU PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP HARUS DAPAT MEMBERIKAN KEMANFAATAN EKONOMI, SOSIAL, DAN BUDAYA YANG DILAKUKAN BERDASARKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN, DEMOKRASI LINGKUNGAN, DESENTRALISASI, SERTA PENGAKUAN DAN PENGHARGAAN TERHADAP KEARIFAN LOKAL, DAN KEARIFAN LINGKUNGAN. HAL INI SEJALAN DENGAN MISI KETIGA PEMBANGUNAN KABUPATEN SUKABUMI 2010 – 2015 YAITU MEMBANGUN PEREKONOMIAN YANG TANGGUH, BERBASIS POTENSI LOKAL DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

PADA SAAT  INI  ISU GLOBAL WARMING YANG DIAKIBATKAN OLEH BERTAMBAHNYA GAS-GAS RUMAH KACA SEPERTI CO2 (CARBONDIOKSIDA) DAN CH4 (METHANE)  DI ATMOSFER HARUS MENDAPAT PERHATIAN DARI KITA SEMUA. HAL INI DISEBABKAN POSISI  INDONESIA PADA UMUMNYA DAN KABUPATEN SUKABUMI  PADA KHUSUSNYA RENTAN TERHADAP DAMPAK PERUBAHAN IKLIM, SEPERTI TURUNNYA PRODUKSI PANGAN, TERSEBARNYA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN, TERSEBARNYA PENYAKIT PADA MANUSIA, NAIKNYA PERMUKAAN AIR LAUT, TENGGELAMNYA PULAU-PULAU KECIL DAN PUNAHNYA KEANEKARAGAMAN HAYATI.

PADA SAAT INI SUHU RATA-RATA GLOBAL PADA PERMUKAAN BUMI MENINGKAT 0,74 ±,018OC SELAMA SERATUS TAHUN TERAKHIR, DAN DIPERKIRAKAN AKAN MENINGKAT SAMPAI DENGAN 6,4 OC SAMPAI TAHUN 2100. HAL INI HARUS SEGERA DIANTISIPASI BAIK ITU OLEH PIHAK PEMERINTAH, DUNIA USAHA, MASYARAKAT DAN STAKE HOLDER LINGKUNGAN LAINNYA.

BEBERAPA UPAYA YANG DAPAT DILAKUKAN UNTUK MENGURANGI PEMANASAN GLOBAL DIANTARANYA ADALAH MENGURANGI PENGGUNAAN BAHAN BAKAR FOSIL, MELAKUKAN PEMANFAATAN SAMPAH DAN MENANAM POHON LEBIH BANYAK LAGI, KARENA POHON AKAN MENYERAP KARBONDIOKSIDA DARI UDARA, MELEPAS OKSIGEN DAN MENYIMPAN KARBON DALAM KAYUNYA.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

KEGIATAN PERINGATAN HARI BUMI PADA TAHUN 2011 INI YANG MENGAMBIL TEMA “ONE WORLD ONE EARTH FOR FUTURE” YANG DIRANGKAIKAN DENGAN PEMBERIAN BANTUAN 200 TEMPAT SAMPAH DARI  PT. AMERTA INDAH OTSUKA DI SEPANJANG PANTAI CITEPUS DAN PANTAI KARANGHAWU, SERTA DILANJUTKAN DENGAN KEGIATAN PEMBERSIHAN PANTAI MERUPAKAN SALAH SATU BENTUK KEPEDUALIAN SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) YANG HARUS MENDAPAT APRESIASI DARI KITA SEMUA. MELALUI KEGIATAN PEMANFAATAN SAMPAH DENGAN MEMILAH ANTARA SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK INI  DIHARAPKAN SELAIN DAPAT MENGURANGI DAMPAK PEMANASAN GLOBAL JUGA DAPAT MEMBERIKAN KONTRIBUSI TERHADAP PENDAPATAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

PERKENANKANLAH PADA KESEMPATAN INI KAMI  MENYAMPAIKAN PULA UCAPAN TERIMA KASIH  DAN PENGHARGAAN YANG SETINGGI-TINGGINYA KEPADA PT. KINOCARE ERA KOSMETINDO YANG TELAH MEMBERIKAN 535 BUAH POHON BUAH-BUAHAN YANG TELAH DITANAM DI KAWASAN KOTA PALABUHANRATU DAN SEKITARNYA, SERTA KEPADA SELURUH STAKEHOLDER YANG SELAMA INI TELAH BERPARTISIPASI AKTIF BERSAMA-SAMA DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN SUKABUMI DALAM MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DI KABUPATEN SUKABUMI. SEMOGA  ALLAH SWT SENANTIASA MEMBERIKAN KEKUATAN DAN PETUNJUK-NYA PADA KITA SEMUA, SEHINGGA APA YANG MENJADI TUJUAN KITA DAPAT TERCAPAI  DENGAN SEBAIK-BAIKNYA. TERIMA KASIH

BILLAHITAUFIK WALHIDAYAH WASALAMU’ALAIKUM WR. WB.

BUPATI SUKABUMI


H. SUKMAWIJAYA



WASS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s