Laporan Semester AMDAL, UKL-UPL dan DPPL


Laporan semeter AMDAL maupun UKL-UPL merupakan pelaksanaan dari pasal 32 PP No. 27 Tahun 1999 tentang AMDAL yaitu: ‘Pemrakarsa usaha dan/atau kegiatan wajib menyampaikan laporan pelaksanaan rencana pengelolaan lingkungan hidup dan rencana pemantauan lingkungan hidup kepada instansi yang membidangi usaha dan/atau kegiatan yang bersangkutan, instansi yang ditugasi mengendalikan dampak lingkungan dan Gubernur’.

Laporan semester merupakan tolok ukur untuk menilai kinerja pengelolaan lingkungan hidup sebuah kegiatan/usaha/perusahaan apakah sudah memenuhi standar baku mutu lingkungan maupun standar kualitas lingkungan hidup lainnya. Format pelaporan semester UKL-UPL dapat didownload di file berikut ini:

About these ads

10 thoughts on “Laporan Semester AMDAL, UKL-UPL dan DPPL

  1. dari pengamatan lapangan dapat saya beri komentar bahwa setiap perusahaan masih bingung dengan cara pelaporan amdal atau UKL-UPL dan sejenisnya. Untuk itu alangkah baiknya bila dalam laporan dokumen lingkungan di sertakan pula pada lampiran format dan tata cara pelaporannya.

  2. Bravo buat blhkabsukabumi..
    Kami sangat mengharapkan memiliki instansi pemerintah seperti blhkabsukabumi di indonesia. selama ini format pelaporan AMDAL dan UKL/UPL di beberapa daerah di indonesia tidak ada bedanya. Padahal jelas2 di dalam KepMenLh 45-tahun 2005 adalah format pelaporanRKL dan RPL (RKl dan RPL kan hanya ada di AMDAL).
    Sy sangat setuju format pelaporan RKL dan RPL dibedakan dengan UKL dan UPL dan disosialisasikan kepada masyarkat.

  3. selamat sore, kepada pihak yg berwenang dlm hal ini BLH Kab Sukabumi, kami mau bertanya apakah ada peraturan yang yang menjelaskan bahwa pengujian lingkungan ( kualitas udara, dll ) harus dilakukan 2 kali dlm 1 th ( sesuai dg frekuensi pelaporan Semesteran UKL UPL ) ??

  4. untuk penyusunan UKL/UPL jika ingin mendirikan usaha kecil/sederhana apakah bisa di isi oleh pemilik usaha atau harus sama konsultan yang berbadan hukum. jika harus sama konsultan kan biayanya sangat mahal jadi modal kerja pas-pasan gak akan cukup dan usaha gak akan jalan.

    • Jenis kegiatannya apa?
      Luasannya berapa?
      Nilai investasinya berapa?
      Ajukan saja permohonannya melalui BLH Kab. Sukabumi atau dapat di fax ke nomor : 0266-436427
      Mengenai penyusunan memang dapat disusun oleh pemilik. Untuk contoh penyusunan dapat dilihat di panduan penyusunan UKL-UPL di blog ini.
      Trims…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s